Ikuti kami di Google News.  | Follow Blog

Apa itu Coding (Programming) ? inilah Penjelasannya untuk Pemula

Ingin tahu apa itu coding dan seluk-beluknya? Supaya tidak bingung, inilah penjelasan mengenai coding yang mungkin bisa kamu pahami dengan mudah.
Apa itu Coding (Programming) ? inilah Penjelasannya untuk Pemula

Beberapa waktu belakangan ini, coding atau programming menjadi topik yang hangat dibicarakan. Sebelum bahas kenapa, kita bahas dulu apa sih coding itu sendiri?. Coding adalah cara manusia memberi perintah ke komputer untuk mengerjakan suatu tugas.

Kenapa memerintah komputer? ada banyak alasan. Salah satunya komputer tidak kenal lelah dan tidak menunggu mood seperti manusia, yang harus happy dulu atau lagi nggak boleh sedih baru bekerja.

Dengan memanfaatkan sifat komputer yang seperti ini, tentu komputer menjadi lebih efisien untuk menjalankan suatu tugas, tanpa harus ada kita disampingnya. Alasan lainnya tentunya komputer mempunyai kekuatan perhitungan yang jauh lebih cepat dibanding perhitungan manusia.

Sebut saja, contoh: ada Gojek, Grab, Shopee, Tokopedia, Tiket.com dan Star-Up populer lainnya, yang kekuatan mereka ini tidak lepas dari kekuatan komputer, atau kekuatan teknologi.

Kalau selama ini, teknologi yang menjadi pemain di panggung yang mendapat tepuk tangan, kita intip sekarang dibalik layar, dibelakangnya ada yang namanya coding. Kembali lagi Coding adalah cara kita memberi komputer perintah, untuk mengerjakan suatu tugas, atau sederhananya membuat program. Karena itu coding menjadi bagian penting, dan pelan atau perlahan akan sampai ke telinga semua orang.

Coding sendiri sudah sejak lama ada, tapi munculnya Start-Up digital, seperti yang kami sebutkan tadi membuat coding semakin ramai dibicarakan. Karena itu kita melihat trad Podcast, channel YouTube, sekolah offline ataupun online, dan media lainnya mulai membahas kekuatan programming ini.

Penampakan aslinya, ada manusia, mungkin kamu, atau temen kamu, atau mungkin sebuah tim yang terdiri dari banyak orang, merencanakan ingin membuat sebuah aplikasi misalnya. Bisa jadi sebuah website, program, atau apapun itu, lalu dari sana mereka menulis sebuah script. Atau sebenarnya sebuah perintah dengan bahasa yang dimengerti oleh komputer.

Sama seperti meminta tolong ke orang lain, "hay Aruf ke warung dong, beli makanan". Komputer pun perlu diberitahu spesifik apa yang menjadi tugas mereka, tapi tentunya dengan bahasa yang mereka mengerti. Sama seperti manusia, kita bisa bahasa Indonesia sesama orang Indonesia, bahasa Inggris sesama orang Inggris, komputer pun punya banyak bahasa.

Nah inilah yang kita buat, atau kita tulis programnya itulah coding. kita, atau saya yang menulis program ini, disebut sebagai developer atau programmer. saya mempelajari bahasa dari komputer ini, sehingga bisa meminta tolong ke komputer ini, untuk mengerjakan tugas-tugas yang kita mau. Dan dari sanalah, lahir berbagai program, aplikasi, atau website yang teman-teman lihat sekarang.

Berikut pengertian lain dari coding agar kamu bisa lebih mengerti serta dan beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pemula:

Apa yang dimaksud dengan coding?

Coding merupakan proses pengolahan kode yang menggunakan bahasa pemrograman, dari mulai menuliskannya, memperbaikinya, hingga memeliharanya. Kode yang dimaksud adalah perangkat yang membangun suatu program komputer. Coding ini juga sangat bermanfaat untuk melatih daya pikir kita.

Apa itu coding dan apa saja contohnya?

Coding adalah kegiatan menulis sekumpulan kode untuk berkomunikasi dengan komputer. Dengan kode itu, kita dapat meminta komputer untuk menjalankan suatu hal atau tugas sesuai instruksinya. Misalnya: membuat website, menyusun aplikasi, memproses data, atau hal yang berkaitan dengan teknologi lainnya.

Untuk apa coding itu?

Tujuan dari kegiatan coding adalah sebagai bentuk komunikasi yang dilakukan oleh manusia terhadap mesin komputer untuk melaksanakan tugas tertentu atau memecahkan suatu masalah. Dan website atau program aplikasi merupakan produk yang dihasilkan dari kegiatan coding ini.

Apa saja coding?

ada banyak coding atau bahasa pemrograman, dan beberapa bahasa pemrograman yang paling populer diantaranya:

  1. HTML dan CSS,
  2. JavaScript,
  3. SQL,
  4. Python,
  5. Java,
  6. Bash / Shell / PowerShell,
  7. C#,
  8. TypeScript,
  9. PHP,
  10. C++.

Langkah awal belajar coding?

Berikut beberapa tips atau langkah mudah belajar coding (bahasa pemrograman) untuk pemula:

  1. Pahami konsep dasar coding,
  2. Memilih bahasa pemrograman,
  3. Pelajari bahasa pemrograman satu demi satu,
  4. Mempelajari dasar setiap bahasa pemrograman,
  5. Mengikuti kursus coding,
  6. Mempelajari coding yang dibuat orang lain,
  7. Mempelajari coding melalui game online,
  8. Belajar coding dari buku,
  9. Carilah mentor.

Bisakah belajar coding otodidak?

Jawabannya adalah sangat bisa. Belajar pemrograman secara otodidak menjadi pilihan untuk beberapa developer. Dan belajar pemrograman secara otodidak pada zaman sekarang semakin mudah dilakukan. Karena, terdapat banyak sumber media belajar pemrograman yang dapat diakses, baik itu gratis maupun berbayar.

Salah satu media pembelajaran yang paling disukai banyak orang saat ini yaitu melalui video Youtube. Kamu bisa simak artikel kami tentang daftar channel youtube untuk belajar bahasa pemrograman..

Dimana kita bisa belajar coding?

Kita bisa belajar coding atau bahasa pemrograman di sebuah situs-situs atau website yang sengaja dibuat untuk mereka yang ingin belajar pemrograman. Dan berikut beberapa situs atau website rekomendasi untuk belajar bahasa pemrograman.

Langkah awal untuk menjadi programmer?

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menjadi programmer yang handal bahkan profesional, diantarnya:

  • Bulatkan Tekad Ingin Menjadi Programmer,
  • Mengerti dan Paham Istilah-istilah Dunia Programming,
  • Pilih Salah Satu Bahasa Pemrograman,
  • Saatnya Coding,
  • Membuat Program Aplikasi Sederhana,
  • Gabung Forum atau Grup Pemrograman,
  • Buat Portofolio yang Menarik,
  • Cari Project Via Situs Online,
  • Belajar Tanpa Henti.

Apakah coding harus bisa matematika?

Seorang programmer membutuhkan skill dalam problem solving. Matematika yang diajarkan di sekolah-sekolah melatih kita untuk menyelesaikan sebuah soal yang mana termasuk dalam karakter problem solving.

Beberapa konsep matematika terkadang dibutuhkan seperti kalkulus dan aljabar, atau logika, tapi hanya dasar-dasarnya saja. Kamu tidak perlu mengetahui kompleksitas angka, probabilitas, persamaan, grafik, eksponensial, dan algoritma, limit, turunan, integral, dsb.

Jadi, kesimpulannya adalah untuk menjadi seorang programmer kamu tidak perlu jago banget di bidang matematika. Jangan berkecil hati kalau nilai matematikamu sekarang pas-pasan, Kamu tetap bisa berkarier jadi programmer. Namun dasar-dasar matematika tetap dibutuhkan.

Perlu kamu ketahui, menjadi seorang programmer haruslah kuat dalam hal problem solving dan kemauan untuk terus belajar. Tanpa itu, mustahil berkarier menjadi programmer yang sukses.

Nah, kalau kamu ingin pemrograman di cabang-cabang ilmu khusus seperti machine learning, kecerdasan buatan (AI), big data, dsb, di situlah kemampuan matematika diperhitungkan. Akan tetapi, masih saja matematika yang dibutuhkan di situ bukanlah matematika yang diajarkan waktu di sekolah, tapi lebih kompleks lagi.

Berapa lama belajar coding otodidak?

Belajar otodidak membutuhkan kedisiplinan yang tinggi. Kamu harus mengatur jadwal untuk mempraktikkan ilmu maupaun membaca materi coding. Kira-kira Kamu membutuhkan waktu sekitar 6-12 bulan untuk belajar coding atau menghabiskan 1-2 jam perhari.

Apa saja syarat untuk menjadi programmer?

Dengan berkembangnya dunia IT, tugas dan tanggung jawab programmer semakin kompleks. Maka dari itu, jika ingin menjadi programmer yang handal setidaknya kamu perlu memiliki skill-skill berikut:

  • Menguasai satu atau lebih bahasa pemrograman,
  • Kemampuan menganalisa masalah,
  • Keterampilan membaca kode,
  • Ketelitian,
  • Kemampuan menyelesaikan masalah,
  • Menguasai Bahasa Inggris,
  • Menguasai jaringan komputer.

Berapa lama menguasai satu bahasa pemrograman?

Saat ini ada banyak bahasa pemrograman. Dan untuk mempelajari salah satunya, dibutuhkan waktu antara 2–3 tahun teori dan pengalaman memprogram setidaknya 2 tahun untuk benar-benar menguasai.

Itu dia gengs, Apa itu coding. Gimana, kamu tertarik belajar coding?

Content Creator, Graphic Designer, UI / UX Designer, Newbie Programmer

My notes on blogger: ARUF.my.id

1 komentar

  1. Wah.. terima kasih Min untuk informasinya, sekarang saya jadi lebih paham apa itu coding. 😁👍🏻
Berkomentarlah dengan sopan
Tinggalkan komentar sesuai topik tulisan, centang Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi via email ketika komentar Anda dibalas Admin. Klik Publikasikan untuk mengirimkan komentar Anda. Terima kasih.

Masukkan URL Gambar atau Cuplikan Kode, atau Kutipan, lalu klik tombol yang ingin Anda parse. Salin hasil parse dan tempelkan ke kolom komentar.