Ikuti kami di Google News.  | Follow Blog

Daftar dan Rekomendasi Channel Youtube Terbaik untuk Belajar Pemrograman Web

Daftar dan rekomendasi channel youtube terbaik untuk belajar pemrograman web yang mungkin cocok untuk kamu yang ingin belajar membuat sebuah website.
Daftar dan Rekomendasi Channel Youtube Terbaik untuk Belajar Pemrograman Web

Mungkin pernah terbesit di kepala kita, apakah belajar pemrograman dapat dilakukan secara otodidak? Tentu saja jawabannya sangat bisa. Belajar pemrograman secara otodidak sudah menjadi cara belajar bagi sebagian developer atau pembuat program lainnya.

Belajar programming tidak harus selalu dilakukan dari perguruan tinggi jurusan ilmu komputer atau teknik informatika. Karena pada kenyataannya, mungkin ilmu yang didapatkan di perguruan tinggi hanya dasar-dasar dan sebagian kecil saja. Untuk menjadi ahli dan profesional dalam bidang ini, seorang programmer harus rajin menempa diri dengan selalu belajar serta praktik terus-menerus.

Di era teknologi informasi yang berkembang pesat saat ini, membuat banyak orang ingin belajar menguasai bahasa pemrograman, dan terdapat banyak sumber untuk belajar pemrograman yang dapat kita akses.

Apalagi sekarang informasi dapat mengalir dengan cepat, tentu sumber-sumber belajar menjadi semakin banyak dan semakin mudah untuk dididapatkan. Belajar pemrograman secara otodidak pun semakin mudah.

Belajar pemrogramman web bisa melalui media apa saja, bisa melalui podcast programming, atau bisa juga melalui YouTube, yang sekarang ini lebih disukai banyak orang sebagai media pembelajaran online.

Jika kamu tertarik belajar coding atau pemrograman, dan bosan hanya membaca materi lewat website saja, maka belajar melalui youtube jadi pilihan yang sangat cocok untuk kamu. Selain gratis, belajar melalui Youtube juga tidak kalah dibandingkan belajar secara formal. Karena banyak para content creator yang berpengalaman mengajarkan kembali materi yang dikuasainya.

Daripda halaman beranda Youtube-mu berisi konten-konten yang tidak terlalu bermanfaat dan membuatmu malas coding, lebih baik berlangganan channel youtube tentang programming yang akan menambah semangatmu dalam belajar coding.

Tidak sedikit pula, orang-orang yang belajar melalui Youtube kemampuannya bisa melebihi dari orang yang belajar secara formal. Kunci pentingnya adalah niat dan keseriusan untuk belajar pemrograman.

Daftar isi

Daftar channel Youtube terbaik untuk belajar Pemrograman Web

Berikut ini daftar chanel youtube terbaik untuk belajar programming web, baik berbahasa inggris atau indonesia yang wajib kamu ikuti dan bisa kamu jadikan referensi untuk belajar bahasa pemrograman web:

FreeCodeCamp.org

FreeCodeCamp.org

Bagi yang sudah sering belajar online tentang coding, tentu tidak asing dengan situs freecodecamp.org. Sejak 2014, Free Code Camp telah menjadi tempat belajar coding yang ideal.

Sebagai platform yang dikelola komunitas secara terbuka, Free Code Camp juga mempunyai forum untuk berbagi, dan memecahkan berbagai masalah pemrograman. Free Code Camp mengklaim, setidaknya sudah ada 40 ribu orang yang belajar dan lulus dari Free Code Camp.

Free Code Camp juga memiliki channel YouTube, dan konten dari Youtube Free Code Camp sudah pasti berupa video tutorial. Dengan mengunjungi channel freecodecamp.org, kamu bisa menemukan berbagai macam video tutorial bahasa pemrograman dengan berbagai tingkatan.

Mulai dari web development, game development, data science dan lain-lain. Channel youtube ini juga berisi tutorial yang komprehensif dan mudah dimengerti karena dibuat oleh orang-orang yang berpengalaman di bidangnya.

Di channel ini, materi yang diberikan tentu saja sangat berkualitas. Untuk pemula yang bener-bener ingin belajar membuat atau mengedit sebuah website, kami merekomendasikan untuk menonton video berjudul “Learn HTML5 and CSS3 From Scratch – Full Course”.

Dengan menonton dan menyimak video berdurasi 11 jam dan 30 menit tersebut, kamu sudah bisa mendapatkan banyak ilmu terkait HTML dan CSS. Selain untuk para pemula, juga ada banyak video yang diperuntukan untuk tingkatan menengah.

edureka!

edureka!

Edureka adalah platform interaktif yang mencoba mengubah cara pendidikan disesuaikan dengan generasi saat ini. Mereka memiliki berbagai seminar web, kelas sampel, kuliah dll pada topik seperti Big Data, DevOps, Blockchain, Artificial Intelligence dan Machine Learning, Data Science, Apache, Spark, Python dll. Selain memberikan pengetahuan teoritis, Edureka juga menyediakan konten skenario kehidupan nyata untuk hubungan industri.

Channel youtube edureka saat ini sudah memiliki 3 juta subscriber. Dan untuk kamu yang masih pemula yang ingin belajar pemrograman web, kami sarankan untuk menonton playlist tentang Front End Web Development terlebih dahulu.

thenewboston

thenewboston

thenewboston adalah channel lain yang membantu pemula untuk mendapatkan akses ke pengetahuan pemrograman secara gratis. Channel ini memiliki berbagai kursus yang berkaitan dengan berbagai genre pemrograman.

Tutorial yang ada pada channel ini pun beragam, mulai dari dasar atau basic hingga tutorial level advanced. Channel ini cocok bagi kamu yang masih pemula dan untuk kamu yang ingin mempelajari bahasa pemrograman tingkat lanjut.

thenewboston mempunyai daftar playlists seperti: Angular 2, Flask, ReactJS, CSS dll, untuk orang-orang yang tertarik dalam pengembangan web. Dan untuk penggemar pemrograman baris perintah, ada tutorial Linux, pengembangan GUI menggunakan Python, Windows Command Line, dll. Channel ini juga berisi berbagai video yang memberikan wawasan berbagai bahasa pemrograman seperti C, R, C ++, HTML, Ruby, Java, dll.

Programming with Mosh

Programming with Mosh

Channel Programming with Mosh saat ini sudah memiliki 2.3 juta subscriber. Channel ini menyajikan berbagai macam bahasa pemrograman. Mulai dari C#, Phyton, SQL, JavaScript dan lain-lain.

Selain itu, channel ini juga berisi tutorial mengenai framework. Channel ini juga menyediakan playlist khusus bagi kamu yang ingin mendalami front-end dan back-end development.

Google Developers

Google Developers

Channel Google Developers menawarkan pelajaran, diskusi, berita & praktik terbaik yang up-to-date. Kontennya berisi pelajaran tentang Android, Chrome, Web Development, Polimer, Kinerja, iOS & lainnya!

Traversy Media

Traversy Media

Channel Traversy Media dikelola oleh full stack web developer bernama Brad Traversy. Channel ini juga telah membagikan banyak sekali video tutorial yang bermanfaat bagi yang ingin belajar coding. Tutorial yang diberikan juga beragam, dari segi kesulitan yang dasar hingga bahasa pemrograman tingkat lanjut.

Berbagai video pada channel ini juga telah tersusun rapi pada setiap playlist. Jadi, jika memang ingin fokus belajar akan suatu hal, kamu bisa langsung mengunjungi playlist yang ada.

Selain itu, kelebihan Brad Traversy adalah dapat menyampaikan materi dengan cara yang sederhana, walau materinya mungkin cukup berat. Setiap mengerjakan suatu proyek, Brad Traversy juga selalu memulainya dari awal yang paling dasar, hingga tuntas.

Derek Banas

Derek Banas

Derek Banas adalah salah satu channel youtube yang bisa kamu pilih untuk belajar coding dari awal. Materi yang disajikan terbilang rapi, dijelaskan dengan bahasa coding tertentu dalam satu video secara lengkap.

Bahasa pemrograman yang disajikan diantaranya: HTML, Javascript, PHP, C++, Java, Android, Phyton, Assembly, Ruby dan lainnya.

LearnCode.academy

LearnCode.academy

LearnCode.academy adalah channel yang didedikasikan untuk membuat konten tentang pengembangan web. Tutorial bahasa pemrograman yang dibahas pada channel ini pun semuanya berhubungan dengan bahasa pemrograman yang digunakan untuk membangun sebuah website.

Channel ini menyajikan video tentang berbagai topik, seperti: HTML, CSS, JavaScript, CSS, Tata Letak, Desain Responsif, Developer, dll. Namun, video yang dibuat oleh mereka tidak terbatas hanya untuk platform ini.

Mereka juga menyediakan tutorial Vue.js, AngularJS, Node.js, Docker, jQuery dll. Bagi programmer yang ingin melangkah lebih jauh, channel ini juga menyediakan kursus pembelajaran dengan memanfaatkan JavaScript.

Dev Ed

Dev Ed

Channel Dev Ed serupa dengan beberapa channel yang sudah disebutkan di atas. Channel yang dikelola oleh Ed ini, juga memberikan banyak tutorial bermanfaat untuk pemula. Kelebihan lain yang dimiliki oleh channel ini adalah cara Ed berkomunikasi dengan penontonnya yang sangat menghibur.

Tidak hanya materi coding, channel ini juga membagikan beberapa tutorial yang berhubungan dengan desain, ilustrasi, dan kegiatan multimedia lainnya.

Caleb Curry

Caleb Curry

Caleb Curry adalah seorang software developer. Melalui channel YouTube miliknya ini, Caleb banyak membagikan tutorial pelajaran banyak bahasa pemrograman. Yang menarik dari channel ini, di setiap format video tutorial yang berdurasi panjang, biasanya juga ada format video yang telah dibagi menjadi beberapa part pendek.

Selain itu, dengan menonton channel ini, kamu tidak hanya mendapatkan tutorial langkah demi langkah saja, tetapi juga beserta penjelasannya. Jadi jangan ragu untuk mengikuti tutorial dari channel ini.

Treehouse

Treehouse

Channel youtube Treehouse ini sudah memiliki lebih dari 350 video yang memberikan pengetahuan tentang PHP, javascript. Python, CSS, swift, dan C ++. Semua video ini mencoba untuk membuat bahasa pemrograman agar lebih mudah dipelajari tanpa komplikasi atau strategi yang rumit.

Codecourse

Codecourse

Codecourse menawarkan berbagai kursus pemrograman dari pemula sampai ahli. Terlepas dari ini, ia juga membantu menyediakan video mengenai konsep pemrograman seperti array.

Kursus di channel ini termasuk pembuatan game breakout JavaScript, Lavarel, Real-time chat, PHP, kiat menulis cleaner code, membuat cart menggunakan PHP, dan berbagai konsep lainnya.

LevelUp Tuts

LevelUp Tuts

LevelUp Tuts didirikan kembali pada Maret 2012 oleh Scott Tollinski & Ben Schaaf saat bekerja bersama di Q Ltd. Setelah kecelakaan, Scott menderita gegar otak dan tidak dapat aktif.

Kemudian, Ben mencoba menurunkan konsentrasi kontennya dengan membuat proyek khusus Web Development. Enam tahun kemudian, channel ini terus membuat video yang didedikasikan untuk pengembangan web. Ada berbagai platform tempat channel ini membuat video seperti Drupal, WordPress, HTML5, CSS, Bereaksi, dll.

Untuk kamu pemula yang ingin berlajar pemrograman web, dichannel ini kamu bisa mulai mentonton playlist "Level Up Basics" ya terlebih dahulu. Di sub playlist tersebut terdapat bebagai video seperti: HTML5 Tutorials, CSS Tutorials, How to Make Fisrt Website, dll.

Pluralsight

Pluralsight

Dari semua channel yang disebutkan dalam artikel ini, mungkin Pluralsight satu-satunya yang menawarkan kursus sertifikasi. Jika kamu merasa terkesan dengan kursus dasar di YouTube, kamu dapat mendaftar untuk kursus lengkap di situs web mereka.

Pluralsight juga memiliki pelatihan tak terbatas dengan biaya $29 per bulan. Ada berbagai topik di mana pengguna dapat mendaftar ke seperti Javascript, C #, ASP.NET MVC, jaringan CISCO, penyimpanan cloud, Windows Server dll.

xoaxdotnet

xoaxdotnet

Selain berfungsi sebagai channel YouTube, xoaxdotnet juga memiliki dedicated di mana kamu bisa mengunduh contoh kode untuk latihan. Xoaxdotnet adalah channel yang memiliki konten yang berkaitan dengan berbagai konsep seperti literatur dan analisis, pendidikan anak-anak, dan lainnya selain konsep-konsep pemrograman.

Untuk konsep pemrograman, ia menawarkan video untuk pemula, seperti: HTML, CSS, JavaScript, C++, Java, dll.

Web Programming UNPAS

Web Programming UNPAS

Web programming UNPAS ini, merupakan channel youtube yang didirikan oleh pak Sandhika Galih, beliau merupakan dosen teknik informatika di universitas pasundan. Channel ini membahas tentang segala macam hal yang berbau dengan pemrograman web.

Di channel ini, kamu bisa belajar mengenai pemrograman web dari dasar hingga ke level yang lebih tinggi. Selain itu juga, materi yang dibawakan Web Programming UNPAS juga sangat mudah dipahami, hal ini ditambah dengan adanya animasi yang memudahkan para programmer pemula.

Di Channel Web programming UNPAS, kamu bisa belajar HTML, CSS, Bahasa PHP, Javascript dan lain-lain. Dan tidak kalah menarik, channel ini juga membahas mengenai berbagai framework, tools, dan tips pemrograman.

Bagi kamu yang ingin mendalami dunia pemrograman web tanpa mengeluarkan banyak biaya channel ini sangat cocok. Karena channel ini memiliki pembahasan yang sangat lengkap.

Sekolah Koding

Sekolah Koding

jika kamu ingin belajar bahasa pemrograman web namun kamu kesulitan dengan penjelasan yang menggunakan bahasa Inggris, kamu bisa belajar bahasa pemrograman dengan bahasa Indonesia melalui channel youtube yang satu ini.

Dengan tagline mereka “Apapun latar belakangmu, kamu juga bisa belajar programming” semakin menunjukkan bahwa kita semua bisa belajar programming, apalagi jika kamu mahasiswa informatika. Channel yang dikelola oleh Hilman Ramadhan ini membahas tentang tutorial pemrograman untuk tingkat dasar sampai dengan tingkat ahli.

Channel ini membagikan pengetahuan tentang seluk-beluk pembuatan website. Kamu bisa belajar banyak hal di channel ini, dari mulai belajar pemrograman PHP, Python, Kotlin, Javascript, Go, HTML dan CSS.

Tidak hanya itu, di channel ini juga menyediakan berbagai video yang membahas berbagai framework dan tools pemrograman seperti Vue, React, Codeigniter dan lain sebagainya.

Angga Rizky

Angga Rizky

Jika kamu tertarik dengan belajar membuat design user interface sebah aplikasi web atau mobile, kamu bisa belajar melalui channel Angga Risky ini. Tidak hanya desain antarmuka di channel ini juga membahas pemrograman web dan mobile.

Di Channel ini, kamu bisa belajar mengenai pemrograman android dengan android studio dan desain interface dengan adobe XD. Walaupun channel ini dikelola oleh orang Indonesia, namun channel menyediakan video pembelajaran dalam bahasa Inggris.

Framework Indonesia

Framework Indonesia

Di channel Framework Indonesia ini, kamu bisa belajar pemrograman web dengan menggunakan Codeigniter, Bootstrap dan juga Jquery. Dan yang tidak kalah menarik dari channel satu ini adalah terdapat berbagai video tutorial untuk membuat web seperti membuat web toko online, rental mobil maupun sistem informasi akademik.

Dicoding Indonesia

Dicoding Indonesia

Dicoding Indonesia merupakan channel YouTube untuk belajar pemrograman bagi developer Indonesia. Konten-konten di dalam channel ini digarap dengan apik dan diatur sedemikian rupa. Mereka memiliki beberapa tema playlist seperti Dicoding Live, Developer Coaching, Dicoding Story, Code Review, Developer 101, dan beberapa playlist lainnya.

Mentor-mentor yang disajikan beragam dan sudah pasti berpengalaman. Jika kamu yang ingin belajar seluk beluk pemrograman, jangan ragu untuk mengikuti channel Dicoding Indonesia ini.

JuniorDev

JuniorDev

JuniorDev merupakan channel YouTube yang menyediakan video-video tutorial programming dan IT. Channel ini kelola oleh Sofyan Setiawan dan telah memiliki 29k subscriber.

Di Channel JuniorDev ini, kamu bisa belajar mengenai HTML, CSS, PHP, SQL, jQuery, desain web, game development, wordpress. Materi yang disuguhkan cukup lengkap.

CodePolitan

CodePolitan

CodePolitan merupakan channel YouTube belajar Coding berbahasa Indonesia yang dipandu mentor-mentor yang sudah berpengalaman. Kamu yang ingin belajar dasar pemrograman komputer bisa juga merujuk pada channel ini.

CodePolitan sendiri dibangun untuk dapat memfasilitasi para developer dalam mendapatkan informasi dan pengetahuan seputar pemrograman dan teknologi. Materi yang bisa kamu pelajari disusun sedemikian rupa, misalnya: algoritma pemrograman dasar, dasar HTML dan CSS, belajar PHP, belajar GIT untuk pemula, dsb.

Kawan Koding

Kawan Koding

Kawan Koding merupakan channel programming bahasa Indonesia yang dikelola oleh Amirul dan saat ini subscribernya sudah ada sebanyak 20 ribu subscriber.

Belajar pemrograman terkesan sulit karena kebanyakan sumber belajarnya adalah berbahasa inggris. Namun di sini kawan koding hadir sebagai salah satu solusi belajar pemrograman dalam bahasa indonesia.

Di Channel ini, materinya memang kebanyakan tentang Laravel, maka sangat cocok apabila kamu ingin mempelajarinya. Meski demikian, kamu juga bisa mempelajari materi coding lain di antaranya PHP, Vuejs, dan Javascript.

Guntur Budi

Guntur Budi

Channel yang membahas tentang tutorial pemrograman komputer, data science, dan berbagai macam video lainnya. Channel yang dikelolah oleh Guntur Budi ini sudah disubscribe oleh sebanyak 22 ribu orang.


Rekomendasi channel Youtube terbaik untuk belajar Pemrograman Web

Dari banyak daftar channel youtube programming diatas, kami merekomendasikan buat kamu untuk lebih banyak belajar di channel Web Programming UNPAS. Karena channel tersebut merupakan salah satu channel programming terbaik dalam bahasa indonesia.

Semua materi yang di sampaikan oleh Pak Sandika Galih (Pengelola Channel) benar-benar mudah dipahami, dan saat ini subscriber dari channel ini sudah mencapai lebih dari 550 ribu subscriber.


Kesimpulan channel Youtube terbaik untuk belajar Pemrograman Web

Nah, jadi itu daftar dan rekomendasi channel Youtube terbaik untuk belajar pemrogramman web yang bisa mengasah skill koding dan membuat kamu jago programming, tentunya dengan niat dan keseriusanmu dalam belajar.

Urutan channel diatas tidak sepenuhnya merujuk pada rangking yang terbaik melainkan hanya daftar biasa. Kamu bisa memilih channel Youtube mana saja yang sesuai dengan bidang programming apa yang ingin kamu pelajari. Jadi, Tetap Selamat untuk Belajar!.

Untuk kamu yang ingin belajar banyak materi tentang bahasa pemrograman web, kami sudah kumpulkan situs-situs terbaik yang bisa kamu jadikan referensi kamu belajar programming, silahkan simak artikel kami tentang Rekomendasi Website untuk Belajar Pemrograman Web.

Oh ya, apa kamu punya rekomendasi channel youtube yang lain..? jika ada, tuliskan di komentar ya!.

Content Creator, Graphic Designer, UI / UX Designer, Newbie Programmer

My notes on blogger: ARUF.my.id

تعليقان (2)

  1. Poderia ensina como colocar player de music no blog?
  2. rtw
Berkomentarlah dengan sopan
Tinggalkan komentar sesuai topik tulisan, centang Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi via email ketika komentar Anda dibalas Admin. Klik Publikasikan untuk mengirimkan komentar Anda. Terima kasih.

Masukkan URL Gambar atau Cuplikan Kode, atau Kutipan, lalu klik tombol yang ingin Anda parse. Salin hasil parse dan tempelkan ke kolom komentar.